hosting

Friday, October 25, 2013

Dortmund Tundukkan Arsenal 2-1 di Emirates

 Borussia Dortmund menaklukkan tuan rumah Arsenal 2-1 dalam matchday ketiga Grup F Liga Champions di Stadion Emirates, Selasa (22/10/2013) malam waktu setempat atau Rabu (23/10/2013) dini hari WIB. Unggul lebih dulu berkat gol Henrikh Mkhitaryan, Dortmund kebobolan oleh gol Olivier Giroud sebelum Robert Lewandowski menyegel tiga poin untuk Die Borussen pada menit-menit akhir babak kedua. Dortmund pun sukses membayar lunas kekalahan 1-2 yang mereka alami dua musim lalu di tempat yang sama.

Dalam pertandingan ini, Dortmund kembali diperkuat Roman Weidenfeller di bawah mistar gawang dan Marcel Schmelzer sebagai bek kiri, sementara Jakub Blaszczykowski menggantikan Pierre-Emerick Aubameyang. Adapun Arsene Wenger belum menurunkan Santi Cazorla dan memercayakan Tomas Rosicky sebagai salah satu gelandang di lapangan tengah.

Pada menit-menit awal, Dortmund mencoba mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Sementara Arsenal menemukan ritme serangan. Arsenal sempat membangun serangan melalui Jack Wilshere dan Tomas Rosicky, tetapi tidak memberi ancaman berarti untuk area pertahanan Die Schwarzegelbe.

Dortmund mencetak gol pada menit ke-15 melalui Henrikh Mkhitaryan. Aaron Ramsey menahan bola operan Mesut Oezil, tetapi bola berhasil direbut Marco Reus. Reus mengoper ke Robert Lewandowski yang meneruskan ke Mkhitaryan. Pemain Armenia ini kemudian melepas tendangan ke sudut gawang Wojciech Szczesny dengan kaki kanannya.

Arsenal nyaris membalas lewat Jack Wilshere yang menerima umpan Tomas Rosicky, tetapi bola masih dapat dibendung Roman Weidenfeller. Peluang terbaik Arsenal diperoleh pada menit ke-37. Sepakan Giroud disundul oleh bek Dortmund dan disambar Rosicky. Namun, tendangan eks penggawa Dortmund ini pun masih bisa dibuang Mats Hummels sebelum masuk ke gawang Dortmund.

Giroud akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-40 akibat blunder barisan pertahanan Dortmund. Weidenfeller dan Neven Subotic berebut menyapu bola umpan lambung Bacary Sagna, dan bola yang memantul disambut Giroud dengan tendangan voli. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-1.

Pada awal babak kedua, Arsenal ganti lebih menguasai bola dan mampu membendung serangan yang dibangun Reus dkk. Giroud pun sempat kembali mengancam gawang Weidenfeller meski bola hanya melambung ke atas gawang. Untuk memberi variasi serangan, Arsenal akhirnya memasukkan Cazorla. Hasilnya, Cazorla nyaris membuat Arsenal berbalik unggul kalau saja sepakannya tak membentur tiang gawang.

Terus tertekan sepanjang babak kedua, Dortmund justru kembali unggul pada menit ke-81 berkat gol Robert Lewandowski. Bermula dari momen serangan balik, Aubameyang mengirim umpan ke Kevin Grosskreutz yang melewati barisan pertahanan Arsenal sebelum mengoper ke Lewandowski. Tanpa kesalahan, Lewandowski melepas tendangan mendatar menaklukkan Szczesny.

Reus berpeluang memperbesar skor lewat tendangan bebasnya, tetapi Laurent Koscielny masih mampu membuang bola menjauh dari area kotak penalti Gunners. Praktis tak ada gol lagi yang tercipta, dan Dortmund pulang dari Emirates membawa tiga poin.

Berdasarkan catatan UEFA, sepanjang pertandingan, Arsenal memiliki empat tendangan tepat sasaran dari delapan peluang. Sementara Dortmund punya tiga peluang emas dari tujuh usaha. Tuan rumah pun unggul dalam segi penguasaan bola dengan 55 persen berbanding 45 persen.

Dengan hasil ini, ada tiga tim di Grup F yang mengumpulkan 6 poin, yaitu Arsenal, Dortmund, dan Napoli. Dortmund berhak memuncaki klasemen karena unggul selisih gol atas kedua pesaingnya tersebut.

Susunan pemain

Arsenal: 1-Wojciech Szczesny, 3-Bacary Sagna, 4-Per Mertesacker, 6-Laurent Koscielny, 28-Kieran Gibbs, 7-Tomas Rosicky (44-Serge Gnabry, 88), 8-Mikel Arteta, 10-Jack Wilshere (19-Santi Cazorla, 58), 11-Mesut Oezil, 16-Aaron Ramsey (23-Nicklas Bendtner, 86), 12-Olivier Giroud
Pelatih: Arsene Wenger

Dortmund: 1-Roman Weidenfeller, 4-Neven Subotic, 15-Mats Hummels, 29-Marcel Schmelzer, 6-Sven Bender, 11-Marco Reus (25-Sokratis Papastathopoulos, 86), 16-Jakub Blaszczykowski (17-Pierre-Emerick Aubameyang, 66), 18-Nuri Sahin, 19-Kevin Grosskreutz, 9-Robert Lewandowski, 10-Henrikh Mkhitaryan (7-Jonas Hofmann, 66)
Pelatih: Jurgen Klopp

No comments:

Post a Comment